RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan :SMP/MTS
Nama
sekolah :
Mata
pelajaran :Bahasa Inggris
Kelas/semester :VIII (dua)
Alokasi
waktu :3 x 30 menit
A. Standar
Kompetensi: 1. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional
pendek dan.
monolog sederhana
berbentuk
descriptive, dan dalam konteks kehidupan
sehri-hari.
B. Kompetensi Dasar : 1. Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,
lancar, dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam
teks berbentuk : descriptive.
C.
Indikator : Merespon
ungkapan-ungkapan ;
1. Mengenal bagian- bagian /komponen –komponen yang
ada dalam teks descriptive.
2. Mengidentifikasi komponen-komponen/ bagian -bagian
yang ada dalam teks descriptive.
3. Membuat contoh teks
descriptive berdasar situasi yang telah diberikan.
D. Tujuan
Pembelajaran
1. Diberi satu contoh teks descriptive, siswa dapat mengenal bagian- bagian /komponen –komponen yang ada dalam teks descriptive.
2. Dengan contoh teks descriptive yang sama, siswa dapat mengidentifikasi komponen-komponen/ bagian -bagian
yang ada dalam teks descriptive serta menjawab soal
yang diberikan guru.
E. metode pembelajaran : Three- Phrase Technique
F. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan:
- Guru memberikan greeting(melatih sopan santun, ,toleransi dan keakraban).
- Guru mengecek kehadiran siswa (melatih tanggung jawab dan disiplin).
- Guru menanyakan pengalaman siswa yang berkaitan dengan teks yang akan dipelajari dengan menggunakan real object (guru mendeskripsikan salah satu murid di kelas ).
- Guru menjelaskan kompetensi yang akan dipelajari.
G. Kegiatan inti
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
- -Memberikan contoh text descriptive
kepada semua siswa dengan objek yang relevan
2. -
Memberikan pengenalan tentang
bagian-bagian dalam Descriptive
teks dengan menunjukkan contoh descriptive teks di
depan kelas.
3. -Meminta siswa mengidentifikasi
bagian-bagian Descriptive teks yang telah diberikan.
4. -Meminta
siswa untuk mengerjakan soal test yang di berikan.
|
-Mendengarkan
dengan seksama penjelasan yang diberikan oleh guru di depan kelas.
2. -Mengenal
bagian- bagian / komponen –komponen yang ada dalam text Descriptive
yang disediakan.
3. -Mengidentifikasi
bagian - bagian yg ada dalam text Descriptive yang di sediakan.
4. - Mengerjakan soal text
descriptive yang diberikan guru
|
H.
Kegiatan Penutup
- Guru meminta siswa mengumpulkan semua lembar
jawaban text yang telah dikerjakan.
I.
Sumber belajar
- Teks beserta gamabar yang relevan yang relevan
J . Penilaian
.- Descriptive Paragraph Writing.
1. Please describe the picture below.
2. Please describe the picture with vocabulary below.
K. Rubrik penilaian:
ASPEK
|
SKOR
|
KETERANGAN
|
LANGKAH RETORIKA
|
8
7
6
4
|
Berstruktur sesuai jenis text secara
maksimal.
Berstruktur minimal sesuai jenis text.
Pilihan kata tidak jelas
Tidak berstruktur dan sulit dipahami
|
TATA BAHASA DAN VOCABULARY
|
8
7
6
4
|
Benar dan tepat
Terkadang kurang tepat tapi tidak
mempengaruhi arti.
Kurang tepat dan mempengaruhi arti.
Sulit dimengerti.
|
KEJELASAN MAKNA
|
8
7
6
4
|
Sangat jelas dan sangat efektif.
Cukup jelas dan efektif.
Jelas tapi tidak efektif
Kurang jelas
|
HUBUNGAN KALIMAT ANTAR KALIMAT
|
8
7
6
4
|
Sangat jelas.
Cukup jelas.
Kurang jelas.
Tidak jelas
|
L. Pedoman Penilaian:
1. Jumlah skor maksimal per siswa: 100.
2. Nilai siswa diperoleh dengan cara
menjumlahkan keseluruhan aspek rubrik penilaian di
atas .
·
untuk tiap tiap Apek yang benar
skor 25
·
jumlah skor maksimal 25 x 4 = 100
·
nilai maksimal = 100
·
nilai siswa = skor
perolehan X 100
skor maksimal
ttt
, 28 juli 2013
Mengetahui
Guru Mata Pelajaran Mahasiswa UMM
Kepala Sekolah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar